MASIGNALPHA101

Dota 2: Tips Melakukan Last Hit

Dota 2: Tips Melakukan Last Hit
31 August 2017
Dota 2: Tips Melakukan Last Hit

Last hitting yaitu satu diantara segi basic yang perlu anda kuasai saat bermain Dota 2, terlebih bila anda bermain jadi carry serta mesti menyatukan gold sebanyak-banyaknya. Dalam Dota 2, beberapa besar gold datang dari creep, serta untuk memperolehnya, anda mesti jadi orang yang memberi killing blow ke creep, tak tahu itu dengan serangan umum maupun dengan skill. 

Memperoleh last hit dengan terus-menerus diawal permainan terkadang cukup susah. Karena di fase ini, serangan dan skill seluruh hero rata-rata masih tetap lemah. Tetapi bila anda merupakan carry atau mid dalam tim, anda mesti dapat memperoleh last hit mulai sejak creep pertama keluar, serta sebisa-bisanya tidak melupakan satu creep juga. 

Dalam artikel ini, kami juga akan memberi sebagian panduan untuk merasakan nyaman serta dapat memperoleh last hit dengan terus-menerus, apa pun hero yang anda pakai. 

1. Pahami serta biasakan diri dengan damage, kecepatan proyektil, dan animasi serangan hero yang anda pakai 

Seluruh hero mempunyai animasi serangan. Berarti saat menyerang, tiap-tiap hero butuh sedikit waktu untuk mengayunkan tangannya saat sebelum pukulannya masuk atau proyektil serangannya keluar. 

Masing-masing hero mempunyai waktu animasi serangan yang tidak sama. Ada yang amat cepat, ada pula yang begitu lambat. Tetapi yang manapun itu, anda mesti membiasakan diri dengan serangan itu supaya tahu timing yang pas untuk memperoleh last hit. 

Saat anda memakai hero melee atau jarak dekat, anda cuma butuh mempertimbangkan waktu ayunan tangan saja. Tetapi bila anda memakai hero jarak jauh, tidak hanya animasi ayunan tangan, anda mesti tahu waktu tempuh proyektil atau seranganmu. 

Sama dengan kecepatan animasi serangan, kecepatan tempuh proyektil ini beragam. Proyektil dari hero seperti Lina serta Zeus umpamanya, sangat lambat. Sesaat proyektil serangan dari Warlock semakin lebih cepat. Jadi anda mesti membiasakan diri dengan kecepatan proyektil ini bila anda memakai hero jarak jauh. 

Terkecuali animasi serangan, anda juga perlu memerhatikan damage seranganmu. Makin besar seranganmu, makin besar batas minimal HP creep yang diperlukan untuk memperoleh last hit. Lantas karena dapat menyerang creep lebih awal untuk lakukan last hit, anda mempunyai timing yang lebih lama untuk ambil last hit, serta pastinya lebih unggul dari lawanmu saat sama-sama rebut last hit atau deny. 

Untuk hero carry yang tugasnya melakukan farming lewat last hit mulai sejak awal permainan, besarnya damage serangan di level satu adalah hal yang utama. Oleh karena itu nerf pada base attack damage yaitu hal yang cukup penting untuk hero type ini. 

2. Tambah damage serangan dengan item 

Menyambung penjelasan di point pertama, tidak semuanya hero mempunyai damage serangan yang besar. Sebagian hero seperti Sniper umpamanya, mempunyai damage serangan yang begitu kecil serta juga akan kalah telahmenghadapi hero lain dengan serangan yang semakin besar. Tetapi di waktu yang sama ia mesti melakukan last hit supaya dapat memperoleh item serta jadi makin kuat. 

Nah, untuk mempermudah last hit, umumnya hero yang menginginkan lakukan farming juga akan beli item yang dapat memberikan damage serangan mereka mulai sejak level satu. 

Hero melee atau jarak dekat umumnya lakukan ini lewat cara beli Quelling Blade yang memberi bonus 24 damage saat anda menyerang creep. 24 bonus damage diawal permainan yaitu angka yang penting, karna semua hero biasanya cuma mempunyai sekitaran 50 hingga 70 damage diawal permainan. Oleh karena itu walau mesti ada dalam jarak tidak aman, hero melee rata-rata dapat lakukan last hit dengan lebih gampang. 

Disamping itu, hero jarak jauh atau ranged umumnya menaikkan damage dengan item yang memberikan stats. Biasanya, item yang dibeli yaitu Wraith Band atau Null Talisman tergantung atribut paling utama hero tersebut (agility atau intelligence). Hero agility jadi seringkali merubah Wraith Band itu jadi Ring of Aquila yang memberi damage semakin besar.

3. Pakai spell dengan bijak kalau ingin 

Walaupun dapat memberikan damage dengan item, sebagian hero terkadang masih tetap kesusahan lakukan last hit karna animasi serangan serta/atau kecepatan proyektil. Ini seringkali berlangsung pada hero jarak jauh, umpamanya Lina maupun Zeus yang seringkali dimainkan di mid serta mesti memperoleh last hit. 

Untuk hero begini, pemecahannya yaitu memakai skill yang hasilkan damage seperti Dragon Slave, Illusory Orb, maupun Scream of Pain. Zeus jadi terkadang lebih mengandalkan Arc Lightning dari pada serangan biasanya yang memanglah mempunyai animasi serta kecepatan proyektil yang begitu jelek. 

Biarpun memang tambah lebih mudah, anda mesti memakai skill ini dengan bijak. Karna biasanya bersifat AoE atau berkaitan lebih dari satu musuh, skill ini umumnya juga akan mendorong lane ke tempat yg tidak menguntungkan untukmu. Jadi, anda mesti tahu benar kapan dapat memakai skill untuk memperoleh last hit. 

Diluar itu, karna memakai mana yang terkadang banyak, yakinkan apa yang anda dapatkan setimpal. Janganlah memakai skill cuma untuk memperoleh satu last hit. Upayakan untuk memperoleh dua last hit atau lebih sekalian, atau tentang lawanmu di lane serta memaksanya memakai pergantian seperti Tango. Begitu anda memperoleh value yang semakin banyak dari tempat mana yang anda keluarkan. 

4. Untuk hero jarak jauh, mendekatlah untuk mengkopensasi saat tempuh proyektil

Satu lagi langkah untuk mempermudah last hit jadi hero jarak jauh yaitu mendekat ke creep yang menginginkan dibunuh. Dengan berada makin dekat dengan creep yang menginginkan dibunuh, anda dapat kurangi saat tempuh yang dibutuhkan seranganmu untuk mengenai creep yang diincar. 

Bukan hanya itu, bila anda berdiri di dekat creep, anda juga otomatis miliki peluang untuk meneror atau lakukan harass ke hero lawan. Begitu anda dapat juga mendaratkan serangan dengan gratis bila lawanmu coba lakukan last hit atau deny, memaksanya mundur atau lakukan trade yg tidak menguntungkan. 

Trick melindungi jara serta lakukan last hit serta harass dengan bergantian ini cukup susah serta membutuhkan pengetahuan matchup yang begitu luas. Tetapi bila anda menguasainya, anda dapat dengan gampang menjadi pemenang matchup di lane bahkan juga dalam keadaan satu lawan satu meskipun. 

5. Ketahui hitungan serangan tower 

Terakhir, terkadang anda dipaksa untuk lakukan last hit dibawah tower. Waktu early game, serangan tower tambah lebih kuat dari seranganmu, serta umumnya ini juga akan buat last hit tambah lebih susah. 

Tetapi bukanlah berarti lakukan last hit dibawah tower itu tidak mungkin. Diawal permainan, anda dapat ikuti alur yang ada. 

Diawal permainan, bila anda harus melakukan last hit dibawah tower tanpa ada pertolongan creep sekalipun, pakai alur ini : 
  • Untuk creep jarak dekat, dari full HP, pukul creep tersebut 1x diawal, lantas biarkanlah tower memukulnya lima kali. Kemudian creep itu harusnya mempunyai HP yang ada dalam jangkauan damage seranganmu.
  • Untuk creep jarak jauh, dari full HP, pukul creep itu sekali diawal, lantas biarlah tower memukulnya 2 x. Kemudian creep itu harusnya mempunyai HP yang ada dalam jangkauan damage seranganmu. 

Bila anda lakukan last hit dibawah tower dengan pertolongan creep sendiri, anda mesti mempertimbangkan timing sendiri kala itu juga. Ini terkadang begitu susah atau jadi gagal, namun bila anda punya kebiasaan mempertimbangkan serangan creep, anda harusnya semakin lebih kerap mengerjakannya dengan sukses.