MASIGNALPHA101

Pendekatan Geografi - Pendekatan Materiil dan Pendekatan Formal

Pendekatan Geografi - Pendekatan Materiil dan Pendekatan Formal
23 March 2018

Pendekatan Geografi - Pendekatan Materiil dan Pendekatan Formal - Setiap ilmu dapat dikaji dari dua pendekatan, yaitu pendekatan objek materiil dan pendekatan objek formal.

Pendekatan Materiil

Pendekatan materiil adalah pendekatan terhadap sasaran atau isi kajian. Pendekatan objek materiil geografi adalah sasaran atau isi kajian geografi. Kasihan geografi sendiri antara lain sebagai berikut.
  1. Atmosfer, adalah udara yang menyelimuti bumi.
  2. Litosfer, adalah kulit bumi atau gerak bumi.
  3. Pedosfer, adalah lapisan tanah di muka bumi.
  4. Hidrosfer, adalah air di muka bumi.
  5. Biosfer, adalah kehidupan di bumi, baik flora maupun fauna.
  6. Antroposfer, adalah manusia di bumi.

Pendekatan Formal

Pendekatan formal adalah salah satu metode atau pendekatan yang digunakan dalam mengkaji suatu masalah. Tiap ilmu memiliki objek formal yang berbeda-beda. 

Misalnya, biografi memiliki objek materiil fenomena geosfer yang sama dengan ilmu lain. Namun geografi menjadi ilmu tersendiri karena memiliki objek formal yang berbeda dengan yang lain.
Pendekatan Geografi - Pendekatan Materiil dan Pendekatan Formal

Secara sederhana, geografi menjawab berbagai pertanyaan yang sering dilontarkan manusia dalam rangka menghadapi suatu fenomena, masalah, peristiwa atau cara bertindak.

Metode atau pendekatan geografi dapat dianalisis dengan metode keruangan, lingkungan dan analisis wilayah.

 Baca Juga : 10 Konsep Dasar Geografi, Lengkap Dengan Penjelasannya

1. Analisis Keruangan

Analisis keruangan adalah analisis yang digunakan dalam mengkaji objek formal untuk menjawab pertanyaan di mana fenomena geosfer tersebut berada. Dengan demikian analisis keruangan berkaitan dengan pertanyaan 'where'. Fenomena geosfer berbeda dari satu tempat ke tempat lain.

Di dalam analisis ini, seorang ahli geografi mengkaji variabel atau rangkaian antar sesama aspek fisik. Variabel berbeda dari suatu tempat ke tempat lainnya, kemudian dikaji faktor apa yang mempengaruhi pola distribusi keruangan atau persebarannya, dan biasanya terjadi keterkaitan antara dua variabel atau lebih.

2. Analisis Kelingkungan

Berbeda dengan analisis keruangan yang berpangkal pada perbedaan variabel satu tempat ke tempat lain. Analisis kelingkungan mengkaji antara variabel manusia dan lingkungannya pada suatu tempat.

3. Analisis Kewilayahan

Analisis kewilayahan mengkaji suatu kawasan di permukaan bumi yang memiliki karakteristik khas yang dapat dibedakan dengan wilayah lainnya.

Analisis kewilayahan merupakan gabungan antara analisis keruangan dengan analisis kelingkungan