MASIGNALPHA101

6 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Berhasil

6 Cara Berhenti Merokok yang Terbukti Berhasil
04 June 2018

Cara berhenti merokok - Menghentikan kebiasan merokok tentu bukan perkara mudah, terutama bagi perokok berat. Padahal dalam sebatang rokok terdapat lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya untuk tubuh. Bagi mereka yang sadar kesehatan, tentu akan menjauhi rokok. Namun bagaimana dengan perokok berat yang ingin berhenti dari kecanduan rokok? Tentu saja ada beberapa cara berhenti merokok yang dapat dilakukan. Berikut adalah ulasannya.

Cara Berhenti Merokok yang Harus Dicoba

Sebelum mengulas tentang cara berhenti merokok, alangkah baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan berhenti merokok. Pertama, wajah akan terlihat lebih mudah. Hal karena asupan oksigen yang dibutuhkan kulit terpenuhi. Kedua, meningkatkan kesuburan baik untuk pria atau wanita.
Pasalnya kualitas sperma pada pria dan lapisan rahim pada wanita akan berangsur membaik apabila kecanduan rokok dihentikan. Ketiga, dapat terhindar dari beragam penyakit mematikan seperti serangan jantung, paru-paru, hipertensi, kanker rahim, dan penyakit berbahaya lainnya.
Setelah mengetahui tentang keuntungan berhenti merokok, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan merokok:

Putuskan Kapan akan Memulainya

Cara yang pertama adalah memutuskan kapan akan memulai berhenti merokok. Mungkin ini yang menjadi cobaan paling berat bagi perokok. Untuk itu, tekadkan niat untuk berhenti merokok terlebih dahulu. Tanpa ada keinginan kuat, perokok akan kerap menunda keinginannya untuk berhenti merokok.

Meminta Dukungan

Cara yang kedua adalah dengan meminta dukungan baik dari teman, keluarga, bahkan pacar. Mereka lah yang akan membantu mengingatkan dan memberi dukungan saat keinginan untuk merokok kembali hadir. Tips lain yang juga dapat dilakukan adalah mengajak perokok aktif lain untuk berhenti merokok.
Mengapa? Hal ini agar Anda memiliki teman yang dapat diajak untuk berhenti merokok bersama-sama. Dengan demikian, maka keinginan untuk berhenti merokok dapat benar-benar dilaksanakan dengan lebih mudah.

Siapkan Permen dan Camilan

Saat keinginan untuk merokok muncul kembali, siapkan camilan atau permen. Hal ini karena saat mulut aktif bekerja untuk mengunyah, maka keinginan merokok dapat lebih ditekan. Ini adalah cara berhenti merokok yang paling banyak digunakan oleh perokok berat.

Hindari Hal yang Membuat Ingin Merokok

Pada tahap awal saat ingin berhenti merokok, jauhilah semua hal yang dapat memancing Anda untuk merokok seperti meminum kopi, berdiskusi, dan sebagainya. Hal ini tentu tak perlu dilakukan selamanya. Saat Anda benar-benar dapat mengontrol diri untuk tidak merokok, Anda pun dapat melakukan aktifitas-aktifitas tersebut.

Sibukkan Diri

Cara yang selanjutnya adalah menyibukkan diri dengan banyak bergerak. Biasanya keinginan merokok juga muncul saat seseorang sedang berdiam diri atau memikirkan sesuatu yang serius. Untuk itu, terus sibukkan diri dengan bergerak baik jalan-jalan atau aktifitas olahraga yang lain. Selain keinginan merokok dapat ditekan, tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

Kurangi Konsumsi Rokok secara Bertahap

Apabila beberapa cara berhenti merokok di atas cukup susah dilakukan, maka kurangi konsumsi rokok harian. Misalnya dalam satu hari Anda menghabiskan 12 batang rokok, maka kurangi menjadi 8 batang rokok perhari. Lakukan selama seminggu penuh. Pada minggu berikutnya, kurangi lagi konsumsi rokok menjadi 6 batang perhari dan seterusnya hingga Anda benar-benar dapat menekan keinginan untuk merokok.
Itulah beberapa cara berhenti merokok yang harus dicoba. Ingatlah bahwa kerugian yang dibawa oleh gulungan tembakau ini lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. Selamat mencoba.