MASIGNALPHA101

8 Alasan Kenapa Harus Memahami Biologi

8 Alasan Kenapa Harus Memahami Biologi
06 February 2018
8 Alasan Kenapa Harus Memahami Biologi
8 Alasan Kenapa Harus Memahami Biologi - Pengetahuan di bidang biologi semakin bertambah setiap harinya. Kita dapat memahami berbagai perkembangan organisme hidup jika kita memiliki pengetahuan mengenai biologi. Faktanya, biologi merupakan salah satu subjek yang paling relevan untuk dipelajari. Berikut adalah beberapa alasan kita mempelajari biologi. 

1. Memahami Diri Sendiri dengan Lebih Baik 

Pertanyaan yang tidak ada habisnya memenuhi pikiran kita setiap hari. Latar belakang mengenai ilmu biologi membantu kita untuk menjawab sebagian dari pertanyaan tersebut dan memicu munculnya lebih banyak pertanyaan yang mungkin di luar pemahaman kita sekarang. 

Misalnya, dengan mempelajari biologi memungkinkan kita untuk menjawab pertanyaan berikut. 
a. Bagaimana kehidupan dimulai dan terbentuk? 
b. Bagaimana organisme hidup beradaptasi? 
c. Mengapa anak-anak mirip dengan orang tuanya? 

2. Penghargaan terhadap Kehidupan 

Biologi membuat kita lebih menghargai kehidupan. Biologi menguraikan keragaman dan kompleksitas pada organisme hidup. Hanya mengamati setetes air dengan mikroskop, kita akan terbawa ke dunia mikroorganisme. 

Lihatlah seekor lebah yang sibuk mengumpulkan serbuk sari dari setangkai bunga atau seekor burung pipit yang sedang terbang dengan komando penerbangannya yang sempurna di semua musim. Kita dapat mengamati kemampuan terbang burung untuk bermigrasi sejauh ribuan kilometer dan kembali pada tahun berikutnya ke tempat yang sama ketika burung tersebut bersarang sebelumnya. 

Dengan biologi kita dapat melihat peristiwa sederhana menjadi lebih bermakna sehingga membuat kita lebih menghargai kehidupan. 

3. Menghasilkan dan Menumbuhkan Varietas Makanan yang Lebih Produktif dan Bermanfaat 

Pada dasarnya manusia bergantung pada tumbuhan sebagai sumber makanannya. Kelangsungan hidup manusia bergantung pada keberhasilan panen. Pada masa sekarang, kita menghadapi masalah ledakan penduduk. Para pakar biologi mencoba memenuhi kebutuhan akan makanan yang terus bertambah karena pertambahan penduduk dunia. 

Varietas tumbuhan yang lebih unggul dan lebih produktif diperoleh dengan menggunakan teknik baru seperti pemuliaan tanaman, kawin silang, dan banyak teknik lainnya. Dengan pengembangbiakan selektif diperoleh varietas sapi, unggas, dan domba yang telah ditingkatkan. Varietas unggul tersebut dipelihara untuk menghasilkan seperti susu, telur, daging, bahan kulit, dan wol dalam jumlah besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan penduduk yang terus bertambah. 

4. Mengembangkan Perilaku dan Kecakapan Ilmiah 

Biologi merupakan eksplorasi ilmiah yang mengembangkan keterampilan observasi, pencatatan, percobaan, dan penghitungan. 

5. Pemeliharaan Kesehatan 

Mempelajari biologi membantu kita memahami pentingnya kebersihan dan mengetahui penyebab penyakit. Dalam biologi dijelaskan bahwa penyakit dapat disebabkan oleh kuman, akibat kurangnya zat gizi pada makanan yang dikonsumsi, kecacatan dalam metabolisme, atau kelainan fungsi organ tertentu pada tubuh. 

Biologi juga mempelajari cara penularan penyakit, misalnya melalui kontak fisik dan serangga. Pengetahuan tersebut membantu menjaga kita tetap sehat dengan melakukan tindakan pencegahan dan menghindari kondisi sanitasi yang buruk. 

6. Konservasi Sumber Daya Alam 

Pengetahuan biologi telah membuat kita sadar, peka, dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup sehingga kita perlu menjaga dan menyayangi lingkungan. Contohnya, penggundulan hutan (deforestasi) serta pembuangan sampah dan limbah industri ke sungai dan laut memiliki pengaruh berbahaya terhadap organisme yang menghuni bumi. 

Jadi, adanya hubungan saling ketergantungan antara hewan, tumbuhan, dan manusia dengan lingkungannya tersebut perlu dilakukan pengelolaan dan konservasi sumber daya alam sehingga keberlangsungan hidup di bumi dapat terus berlanjut. 

7. Mengembangkan Hobi Tertentu 

Biologi membantu mengembangkan rasa estetika dan menanamkan hobi seperti merawat kebun, menanam sayuran, merawat akuarium, mengumpulkan kerang, serangga, dedaunan, bunga-bungaan, dan memotret organisme. 

8. Menyediakan Kesempatan Berkarier 

Pengetahuan biologi telah membuka sejumlah jalan bagi kita untuk menjadi dokter, ahli bedah hewan, pakar hortikultura, ahli farmasi, ahli bakteri, ahli patologi, teknisi laboratorium, pakar lingkungan, ahli genetika, dan sebagainya. 

Singkatnya, mempelajari biologi merupakan hal yang penting untuk kita semua agar mendapatkan kehidupan yang lebih sehat dan bahagia serta menjadikan kita warga negara yang sadar diri dan juga untuk kemakmuran bangsa.