MASIGNALPHA101

Hakikat Dan Pengertian Biologi, Lengkap Beserta Cabang-Cabangnya

Hakikat Dan Pengertian Biologi, Lengkap Beserta Cabang-Cabangnya
05 February 2018
Hakikat Dan Pengertian Biologi, Lengkap Beserta Cabang-Cabangnya - Pada hakikatnya, berbagai proses kehidupan di alam tidak terlepas dari pengetahuan Biologi. Melalui pengetahuan tersebut dapat diketahui mekanisme penurunan sifat dari orang tua ke anaknya. Melalui pengetahuan itu juga pemberantasan penyakit menular dapat dilakukan secara dini. Ada banyak rahasia alam yang dapat diungkap melalui pengetahuan Biologi Apa sebenarnya Biologi itu?

Pengertian Biologi 

Pengertian Biologi
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Istilah biologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, bios : kehidupan dan logos : pengetahuan. 

Dengan demikian, biologi merupakan ilmu pengetahuan yang didedikasikan untuk mempelajari organisme hidup, baik hewan maupun tumbuhan. 

Biologi tidak hanya mempelajari tentang kehidupan di bumi pada masa sekarang, tetapi juga mempelajari kehidupan di masa lalu dan kehidupan yang akan terjadi di masa depan. 

Biologi meliputi pelajaran mengenai tumbuhan, hewan, dan kehidupan mikrob. Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan disebut Botani (bahasa Yunani, butane = tumbuhan) dan ilmu yang mempelajari tentang hewan disebut Zoologi (bahasa Yunani, zoon : hewan; logos : pengetahuan). Mikrobiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang mikrob. 

Ahli biologi pertama dan paling terkemuka adalah Aristoteles (384 SM-322 SM) yang hidup pada abad keempat SM. Aristoteles dikenal sebagai ”Bapak Biologi". Theophrastus (370 SM-285 SM) dikenal sebagai ’Bapak Botani'. Pada abad ke-17 biologi modern mulai berkembang dengan ilmu pengetahuan lainnya.

Banyak teori mendasar tentang kehidupan dirumuskan pada abad ke-19. Misalnya, Charles Darwin mengemukakan teori evolusi pada tahun 1859, Gregor Mendel mengemukakan hukum pewarisan pada tahun 1866, dan Louis Pasteur menyatakan bahwa mikroorganisme merupakan penyebab penyakit pada tahun 1865. 

Dengan bertambahnya kedalaman dan cakupan pengetahuan biologi, ilmu biologi dibagi lagi menjadi sejumlah cabang yang dapat didefinisikan dengan jelas tetapi saling berhubungan.  

Cabang-Cabang Biologi 

Cabang-cabang Biologi

1. Morfologi : Ilmu yang mempelajari tentang bentuk dan struktur tubuh. 

2. Anatomi : Ilmu yang mempelajari struktur tubuh bagian dalam hewan dan tumbuhan. 

3. Fisiologi : Ilmu yang mempelajari fungsi tubuh. 

4. Sitologi : Ilmu yang mempelajari tentang sel. 

5. Genetika : Ilmu yang mempelajari pewarisan sifat dari orang tua ke keturunannya. 

6. Embriologi : Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio. 

7. Ekologi : Ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme hidup dan lingkungannya. 

8. Patologi : Ilmu yang mempelajari tentang penyakit. 

9. Taksonomi : Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi, identifikasi, dan penamaan organisme. 

10. Paleontologi : Ilmu yang mempelajari tentang fosil.