MASIGNALPHA101

7 Tips Menyembuhkan Amandel Tanpa Operasi

7 Tips Menyembuhkan Amandel Tanpa Operasi
28 May 2018

Tips Menyembuhkan Amandel – Sekedar informasi, amandel adalah dua bantalan kecil berbentuk oval yang terletak di tenggorokan Anda, yang bertugas memblokir bakteri dan patogen yang menyerang tubuh ketika masuk melalui mulut. Tak jarang terjadi peradangan amandel yang memiliki gejala mulai dari amandel membengkak dan menyakitkan, sakit tenggorokan hingga kesulitan menelan secara normal. Selain melalui operasi, ada beberapa tips menyembuhkan amandel yang dapat Anda lakukan.

Inilah Tips Menyembuhkan Amandel yang Paling Jitu

Radang amandel disebabkan oleh virus yang membuat jaringan dalam amandel menjadi terinfeksi bakteri berbahaya. Faktanya radang amandel lebih sering terjadi pada anak-anak, dan operasi tidak selalu merupakan pengobatan terbaik. Berikut beberapa tips menyembuhkan amandel secara alami.

Perbanyak Istirahat

Ketika tubuh sedang tertekan, Anda perlu banyak waktu istirahat untuk membantu mempercepat penyembuhan. Prioritaskan tidur yang cukup, setidaknya tujuh hingga sembilan jam semalam. Jauhkan diri dari aktivitas fisik berat atau rutinitas olahraga selama beberapa hari. Dan lakukan apa yang Anda dapat untuk mengurangi stres. Hal ini karena stress juga dapat memicu hilangnya energi yang dibutuhkan untuk tubuh dalam proses penyembuhan.

Minum Air Hangat

Sakit tenggorokan hingga bengkak sangat umum terjadi pada orang dengan radang amandel. Dengan begitu, Anda dapat meringankan rasa sakit itu dengan melakukan apa yang Anda dapat di rumah sebelum mencoba resep dokter atau obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Cobalah meminum air hangat untuk membantu mengurangi rasa nyeri di tenggorokan. Anda juga dapat meminum es atau minumuman yang dingin untuk mengurangi pembengkakan.

Makan Makanan yang Lunak

Karena Anda mungkin kesulitan ketika menelan, cobalah makan makanan yang lembut dan halus seperti jus sayuran, jus buah, kentang tumbuk, dan yogurt. Minum banyak cairan untuk membersihkan sistem metabolisme dan tetap terhidrasi. Berhati-hatilah terhadap makanan yang dapat menyebabkan iritasi seperti minuman panas, minuman bergula atau asam, atau minuman bersoda.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu. Ini adalah tips menyembuhkan amandel yang sangat baik untuk orang yang berusia 8 tahun ke atas. Anda dapat membuat air garam sederhana sendiri di rumah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan 240 mililiter air hangat. Setelah itu, minum ramuan tersebut secara rutin hingga radang yang timbul akibat amandel dapat dihilangkan.

Makan Madu

Tips menyembuhkan amandel berikutnya adalah mengkonsumsi madu. Anda dapat mencampurkan madu dengan kayu manis atau jahe dan air, atau membuat bahan-bahan tersebut menjadi segelas teh herbal. Beberapa penelitian menemukan bahwa madu memiliki efek yang alami dalam menghambat sekitar 60 bakteri berbeda, bahkan beberapa jenis jamur dan virus.
Madu dapat membantu menyembuhkan rasa sakit dan gejala infeksi lainnya di saluran pernapasan serta berfungsi sebagai obat batuk. Madu bahkan juga sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan karena mengandung antibakteri dan antivirus. Untuk itulah, Anda dapat mengonsumsi madu untuk menghilangkan penyakit amandel yang Anda derita.

Minum Obat Penenang

Jika Anda masih merasa sangat sakit, Anda dapat mengkonsumsi penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek, seperti Acetaminophen atau Ibuprofen. Obat ini dapat membantu Anda tidur untuk mengurangi pembengkakan berlebih.
Namun, pilih obat ini secara hati-hati karena banyak yang tidak aman untuk anak kecil atau mengandung bahan yang tidak berguna untuk mengobati sakit tenggorokan. Jangan gunakan obat kumur antiseptik, dekongestan, dan antihistamin, karena tidak akan melawan penyebab radang amandel dan bahkan malah menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Semakin baik Anda merawat diri, semakin kecil kemungkinan menderita infeksi apa pun. Salah satu cara terbaik untuk mencegah infeksi dan peradangan amandel adalah dengan makan makanan padat nutrisi yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cobalah diet berbasis makanan anti-inflamasi untuk membantu menjaga sirkulasi tubuh, lalu membantu sistem kekebalan untuk merespon ancaman bakteri atau virus secara efektif.
Itulah beberapa tips menyembuhkan amandel tanpa operasi. Ingat, ketika Anda merasakan sakit di amandel, segera aplikasikan tips di atas untuk pertolongan pertama. Jika amandel masih meradang, segera hubungi dokter.